b'chome udyah

menjadi orang yang bermanfaat adalah kebanggan tersendiri. terus berkarya dan yakinlah suatu saat kita akan tahu dimana manfaatnya. tetap semangat berbuat baik...

Selengkapnya
Navigasi Web

5 Cara Mudah Penulis Pemula Percaya Diri Menulis

Banyak orang menganggap bahwa menulis itu sulit. Kebanyakan dari mereka bingung bagaiman cara memulainya, bagaimana cara mencari tema, apakah sesuai KBBI dan PUEBI, dan banyak lagi hambatan yang semakin memperkuat anggapan bahwa menulis itu benar-benar sulit. Terkadang dalam perjalanan menulis banyak orang yang berhenti menulis karena baru setengah perjalanan sudah kehabisan ide.

Setiap orang pada dasarnya memiliki kemampuan untuk menulis, namun semua akan terhambat karena kita takut memulai dan tidak percaya diri. Tahukah anda ketika kita tahu trik khusus cara menulis bagi pemula, maka menulis itu jadi mudah dan menyenangkan.

Berikut beberapa tips agar menulis menjadi mudah dan menyenangkan, sehingga para penulis pemula memiliki kepercayaan diri untuk memulai manulis.

1. Lupakan teori menulis

Banyak orang yang mengeluhkan bahwa menulis itu sulit, bagaimana cara memulainya, apa resepnya agar bisa menulis yang disukai banyak orang dan sebagainya. Ada sebagian orang yang memiliki banyak ide, namun tidak ada satupun ide yang dapat di tuangkan dengan baik, kalaupun sudah bisa dituangkan dalam tulisan, tidak ada kata akhir yang jelas. Dan masih banyak lagi pertanyaan yang dirasakan oleh para calon-calon penulis.

Nah bagaimana kita bisa menjawab itu semua? Jawabannya adalah cobalah menulis menurut gaya anda sendiri. Lupakan semua teori tentang kepenulisan, karena terkadang ketika kita terlalu banyak memikirkan teori tentang kepenulisan, justru pemikiran tersebut akan menghambat kesempatan anda untuk menulis.

Bagi yang mau menulis tidak perlu ribet dengan teori kepenulisan, yang penting adalah kenyamanan dalam menulis untuk mengeluarkan ide-ide yang ada di kepala.

2. Mencari ide dari pengalaman pribadi

Sebuah ide bisa didapat dari mana saja termasuk pengalaman pribadi. Setiap orang memiliki pengalaman pribadi yang berbeda-beda, sehingga pengalaman ini dapat memperkaya ide seseorang. Contoh pengalaman pribadi : kisah di masa kecil, pengalaman pergi ke suatu tempat, curahan hati dan sebagainya. Pengalaman-pengalaman tersebut dapat digunakan sebagai bahan untuk menulis.

Bukankah sudah banyak penulis yang sukses membuat bukunya betseller karena menulis pengalaman pribadi. Bahkan pengalaman seseorang ketika menjadi sebuah tulisan terkadang akan menjadi inspirasi bagi orang lain. Tidak sedikit orang yang bisa berubah karena membaca pengalaman seseorang.

3. Tulis yang anda pahami

Ketika kita ingin memulai untuk menulis, maka mulailah dengan tema yang kita pahami. Mengapa harus yang kita pahami? Karena ide yang sudah kita pahami akan membuat tulisan menjadi lebih menarik. Pemikiran-pemikiran yang kita tuangkan akan lebih tajam, bukan hanya deskripsi belaka.

Menulis bukan sekedar mengutip sana sini malainkan layaknya mengungkapkan perasaan. Semakin paham terhadap perasaan kita maka akan semakin banyak yang bisa kita tuangkan.

Membaca salah satu cara agar apa yang kita pahami tidak menjadi sumber yang keliru. Semakin banyak kita membaca maka semakin kuat sumber dari apa yang kita pahami.

Jangan pernah kita menulis hanya untuk mengikuti tren karena pengalaman seseorang terkadang tidak sama dengan apa yang sedang tren.

4. Jangan menjadi penulis yang idealis

Kenapa kita tidak boleh menjadi penulis yang idealis. Penulis yang idealis di awal justru akan menghambat mereka untuk belajar. Padahal seorang penulis harus terbuka dengan situasi yang ada di luaran. Terkadang kita terlalu yakin terhadap karya kita sehingga tidak memperhatikan pendapat atau masukan dari orang lain.

Setiap orang punya impian bahwa apa yang mereka tulis akan bermanfaat bagi orang lain. Jangan sampai karya kita tidak tepat sasaran, yang ada akhir tidak berguna. Karya kita tidak ada yang tertarik untuk membacanya.

Jadi kita menulis apa yang kita pahami, namun tetap terbuka terhadap pendapat orang lain, untuk menyempurnakan karya kita.

5. Menulis menjadi jalan untuk kaya raya

Menulis sedikit demi sedikit, setiap hari, dan menulilah dari sekarang. Seorang penulis yang sudah memulai dan konsisten walaupun hanya sedikit, maka lama kelamaan menulis itu menjadi kebutuhan. Orang akan kecanduan untuk menulis karena setiap hari dia meluangkan waktunya untuk konsiten dalam menulis.

Orang yang sudah kecanduan untuk menulis secara tidak langsung dia sudah mengasah otanknya. Setiap hari dia harus berpikir apa yang akan dia tulis hari ini. Apabila sudah demikian tidak cukup kita hanya mengandalkan pengalaman kita perlu terus membaca. Semakin banyak membaca maka semakin kaya kita akn ide dan pemikiran.

Apakah dengan menulis kita menjadi kaya? Kenapa tidak! Sudah banyak contohnya orang-orang yang kaya karena mereka menulis. Pada dasarnya semua orang bisa menjadi kaya hanya dengan menulis apabila kita dapat mengemas tulisan tersebut secara profesional.

Apakah anda masih ragu untuk memulai menulis? Mungkin dengan tips di atas bisa dicoba. Cobalah menikmati setiap sensasi menulis, mengelaurkan ide, merangkar kalimat demi kalimat menjadi bait-bait yang indah. Jangan pikirkan apakah karya anda natinya akan jadi bestseller atau tidak. Lakukan saja dulu, mulai sedikit demi sedikit lalu konsisten. Maka suatu saat anda pasti akan menghasilkan karya terbaiknya.

sumber tulisan : ternyata menulis itu gampang karya Indari Mastusi

Salam literasi

Jember 4 April 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Trimakasih Buu tips-nyaa, salam kenal!

05 Apr
Balas



search

New Post